Psikologi
pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara
memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan
3 Perintis Psikologi
pendidikan
William James (1842-1910), setelah meluncurkan
bukunya yang pertama Principles of Psychology, William James memberikan kuliah
tentang Talks to Teacher yang mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik
anak. James merekomendasikan untuk mengajar pada titik yang sedikit lebih
tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak.
John Dewey (1859-1952), motor penggerak mengaplikasikan psikologi di atas tingkat praktis. Beberapa ide penting dari Dewey yaitu anak-anak akan belajar lebih baik jika mereka aktif dan pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan, memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.
E.L Thorndike (1874-1949), berpendapat bahwa
salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan
keahlian penalaran anak. Thorndike juga mengajukan gagasan yang menyatakan
bahwa pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.
Sumber : Santrock., J.W. 2008. Psikologi Pendidikan (edisi kedua).
Jakarta:
Prenada Media
0 Comments:
Posting Komentar