Psikologi pendidikan


Psikologi pendidikan adalah cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan



3 Perintis Psikologi pendidikan 


William James (1842-1910), setelah meluncurkan bukunya yang pertama Principles of Psychology, William James memberikan kuliah tentang Talks to Teacher yang mendiskusikan aplikasi psikologi untuk mendidik anak. James merekomendasikan untuk mengajar pada titik yang sedikit lebih tinggi di atas tingkat pengetahuan dan pemahaman anak.

John Dewey (1859-1952),  motor penggerak mengaplikasikan psikologi di atas tingkat praktis. Beberapa ide penting dari Dewey yaitu anak-anak akan belajar lebih baik jika mereka aktif dan pendidikan seharusnya difokuskan pada anak secara keseluruhan, memperkuat kemampuan anak untuk beradaptasi dengan lingkungannya dan semua anak berhak mendapatkan pendidikan yang selayaknya.




E.L Thorndike (1874-1949), berpendapat bahwa salah satu tugas pendidikan di sekolah yang paling penting adalah menanamkan keahlian penalaran anak. Thorndike juga mengajukan gagasan yang menyatakan bahwa pendidikan harus punya basis ilmiah dan harus berfokus pada pengukuran.






Sumber : Santrock., J.W. 2008. Psikologi Pendidikan (edisi kedua).
Jakarta: Prenada Media
Share:

0 Comments:

Posting Komentar